Tentang Kami

Dan ‘Ibaadurrahmaan (hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang) itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.

Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka (maksudnya orang-orang yang sembahyang tahajud di malam hari semata-mata Karena Alloh).

(QS. Al Furqon: 63-64)

Assalamualaikum wr. wb.

DKM Ibadurrahmaan didrikan pada hari sabtu, tanggal 8 maret 1997 dan diresmikan oleh Dr. Ir. Mahmud Thohari DEA selaku Pembantu Dekan III Fakultas Kehutanan IPB pada masa itu.Sebelumnya DKM E merupakan badan Semi Otonom hingga saat ini berubah statusnya menjadi badan struktural BEM Fakultas Kehutann. Dalam perkembangannya DKM Ibaadurrahmaan lebih akrab dikenal sebagai DKM Ibaad ataupun DKM E.

Visi DKM E :

DKM Ibaadurrahmaan sebagai lembaga dakwah Fakultas yang bersifat terbuka dan menitikberatkan pada pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman uang universal. Pembinaan potensi anggota meliputi pembinaan ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah, dengan tujuan utama menghasilkan rimbawan yang cerdas, sehat dan bertaqwa sehingga mampu berkontribusi positif bagi kemajuan bidang-bidang kehutanan yang ditekuninya.

Misi DKM E :

  • DKM E sebagai Pengembangan kultur pelayanan cifitas akademika Fakultas Kehutanan
  • Akselerator dalam perwujudan masyarakat Fakultas Kehutanan yang ASIK
  • Wadah pendidikan organisasi dan dakwah masyarakat fahutan
  • Penggerak dan pendukung kegiatan keislaman dilingkungan kampus Fakultas Kehutanan
  • Sebagai Fasilitator kegiatan Ibadah di Fakultas Kehutanan

Dalam manejemen organisasinya DKM E membagi ruang lingkup kinerjanya dalam lima departemen :

  • Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
  • Departemen Syiar dan Infokom
  • Departemen Islamic Forester Center (IFC)
  • Departemen Environment

Tiap departemen memiliki spesialisasi arah kinerja masing-masing dan dijelaskan sebagai berikut:

Ruang Lingkup kerja PSDM adalah melakukan peningkatan kemanpuan pengurus dan anggota DKM Ibaadurrahmaan melalui kegiatan Pelatihan, Peningkatan Motivasi, outbond dan Program-program pengembangan Pribadi lainnya.
Departemen  syiar dan infokom merupakan departemen yang fokus pada kegiatan syiar islam  dan menyebarkan isu-isu keislaman di Fakultas Kehutanan melalui kegiatan Ta’lim, Tabligh, Peringatan Hari Besar Islam, mading, dan marka keislaman.

DKM ‘Ibaadurrahmaan sebagai lembaga dakwah fakultas juga tidak hanya sebagai tempat beribadah tetapi juga menyediakan sarana pendidikan bagi mahasiswa kehutanan yang ingin belajar tentang keislaman lebih jauh. Untuk mewadahinya departemen Islamic Forester Centre sebagai saranabagi mahasiswa fakultas kehutanan yang ingin mengikuti kegiatan mentoring keislaman.

Sampai saat ini Musholla Ibaadurrahman menjadi musholla fakultas terbesar di antara musholla fakultas-fakultas lain di Institut Pertanian Bogor. Sebagai lembaga Dakwah, DKM Ibaadurrahmaan diberikan tanggung jawab untuk merawat dan menjaga Musholla Ibaadurrahmaan agar menjadi pusat peribadatan yang nyaman di Fakultas Kehutanan. Dan ini dikoordinir oleh Departemen environment.

Baiklah, demikian sekilas tentang DKM Ibaadurrahmaan. Di akhir bagian ini Seganap Kru DKM Ibaadurrahman mengucapakan selamat menikmati. Dan yang terakhir Tiada kata menyerah bagi seorang muslim, untuk itu bulatkan tekad anda, tetap semangat. AllahuAkbar! 3x.

Wassalamualaikum wr. wb

8 responses to “Tentang Kami

  1. Terima kasih kunjungannya di situs pribadi saya. Senang sekali dapat berkenalan dengan Anda semua.
    Univ. Gadjah Mada, hanya org terpilih dapat masuk ke kampus itu. Smg ini menjadi awal sebuah pershabatan yang indah.

    Salam dari Surabaya, smg sukses selalu. Jika berkenan, saya undang untuk turut berpartisipasi di situs Interaktif Berbagi Berita dan Cerita Terkini, di http://www.halamansatu.net.

    Terima kasih.

  2. Astaghfirullah, maaf banget..saya keliru nyebut. Institut Pertanian Bogor, adalah kawah candradimuka insan tangguh. Terima kasih sekali lagi saya sampaikan, Sebuah kejutan ketika saya melihat ada link di blog ini menuju blog saya, di mataharilain.wordpress.com.
    Terima kasih sekali.
    Smg kesuksesan dalam limpahan hidayah-Nya senantiasa bersama dalam keseharian kita. Amin.

  3. ass.
    kumaha daramank barudak ibaad? Saya baru pertama kali membuka website ini ternyata subhanallah sekali banyak sekali komentarnya sampai2 ga ada yang ngisi komen dari anak ibaad sendiri? kamarana euy…………..
    maju terus ibaad……..
    walaupun nanti kita kan pastinya kan berpisah tapi kita selalu menyatu. Amiin.
    Undang2 nanti klo …………..
    jazakallah. ncop foreper …………

  4. oki (ketua umum dkm ibaadurrahmaan 07/08

    senang sekali teman2 bisa membaca tulisan ini.
    teruntuk saudaraku pjuang2 ibaadurrahmaan
    Bersabarlah, jalan kita masih panjang.
    semangat yee, klo syuro jangan pada telat
    semoga Allah SWT mempertemukan kita di JannahNya

  5. 3 hal yang harus dimiliki oleh seorang da’i (aktivis dakwah):
    -ilmu
    -kelembutan
    -kesabaran

    (Ibnu Taimiyah)

  6. anto` (41)

    Ikhlas dalam beramal
    profesional dalam bekerja
    dalam satu dakwah Islam

  7. anto` (41 PSDM)

    Ingat bentar lagi ada acara