Amalan hati dalam shalat

Rasulullah saw. bersabda, “Berapa banyak orang yang mendirikan shalat, tetapi hasilnya hanya payah dan lelah.”

Ketahuiah bahwa shalat itu adalah dzikir, bacaan, berharap, bermunajat dan berdialog. Semua itu tidak akan terjadi kecuali dengan menghadirkan hati dimana hal itu dapat menghasilkan pemahaman, pengagungan, penghormatan, harapan dan rasa malu. Ringkasnya, semakin bertambahpengetahuan seseorang akan Allah SWT., maka akan bertambah pula rasa takutnya dan pada akhirnya dan pada akhirnya dapat menghadirkan hati.

Saat mendengar seruan adzan, hadirkan dalam hatimu seruan mengerikan pada hari kiamat, sehingga baik lahir maupun batinmu akan secara cepat meresponnya. Sesungguhnya, mereka yang segera menjawab seruan adzan adalah mereka yang pada hari penentuan terbesar dipanggil dengan lemah lembut.

Jika engkau mendapati hatimu dipenuhi dipenuhi dengan kegembiraan dan keceriaan untuk segera memenuhi panggilan adzan, maka kondisimu pada hari penentuan terbesar tersebut juga akan sama seperti itu. Rasulullah saw. bersabda, “Gembirakanlah kami dengan suara adzan, ya Bilal” sebab adzan adalah permata hati beliau dalam shalat.

Makna bersuci yang sebenarnya adalah suci hati dari selain Allah. Dengan kesucian hati, maka shalat akan sempurna. Jika engkau dapat menutup auratmu yang nampak dengan pakaian, maka apa yang dapat menutupi aurat batinmu dari Allah SWT.?

Beretikalah saat berada di hadapan Allah. Ketahuilah bahwa Ia mengetahui segala rahasiamu. Berendah dirilah engkau dengan batin maupun zahirmu. Bandingkan perilakumu saat berada di hadapan Allah SWT. dengan perilakumu saat berada di hadapan raja. Sungguh kemuliaan raja tidak ada apa-apanya dibanding kemuliaan Allah, karena mereka semua adalah makhluk-Nya. Jika engkau telah dapat melakukan ini, maka engkau tidak akan menjadi pendusta saat mengatakan, “Wajjahtu wajhiya (aku hadapkan wajahku)” dan saat mengucapkan, “Hanifan musliman wa ma ana minal musyrikin (dalam kondisi hati yang lurus dan sebagai seorang muslim. Dan aku tidak termasuk golongan orang-orang musyrik).” Juga saat mengucapkan, “Inna shalati wanusuki wamahyaya wamamati lillah (sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah).” Perhatikanlah, jangan sampai bacaanmu ini engkau dustakan karena dapat menjadi penyebab kehancuranmu.

Ingatlah selalu kebesaran dan keagungan Allah SWT. saat engkau ruku’ dan sujud. Pahamilah itu dan ketahuilah betapa kecilnya dirimu dihadapan-Nya. Dengan rahmat-Nya, Ia menjadikanmu sebagai manusia yang layak untuk bermunajat kepada-Nya. Maka, jagalah etika dan kehadiran hatimu saat berada dihadapan-Nya.

Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah akan terus memperhatikan (menyambut) orang yang shalat selama ia tidak berpaling.” Di lain hadits beliau bersabda, “Seorang hamba yang mendirikan shalat, pahalanya tidak dicatat baginya; baik setengah, sepertiga, seperempat, seperlima, seperenam, maupun sepersepuluh. Pahala yang dicatat baginya adalah sebatas apa yang dipahaminya.” Oleh karena itu, jaga diri dan hatimu agar tidak berpaling.

2 responses to “Amalan hati dalam shalat

  1. artikel anda :

    http://agama.infogue.com/
    http://agama.infogue.com/amalan_hati_dalam_shalat

    promosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

  2. terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Berdzikir Membuat Hati Tetram, Benarkah?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/berdzikir-membuat-hati-tentram-benarkah.html

    (link di atas adalah tulisan ke-1 dr 5 buah link berdzikir membuat hati tentram)

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s