Karena hati

Tentang kepedulian dan cinta kasih. Apa iya sih saat ini kita masih memilikinya? Atau mungkin kita hanya peduli pada hal-hal yang sifatnya lebih sementara? Coba bayangkan tiga atau empat tahun lagi dari sekarang. Orang mungkin udah akan lupa, apakah dulu nilai yang dapat itu kamu A atau C? Apakah dulu kamu pernah mengucapkan kata- kata hebat ketika kamu berada di depan mimbar atau ketika kamu berpidato? Apa saja barang-barang mewah yang pernah kamu beli untuk meningkatkan penampilanmu?

Namun mereka akan sulit sekali melupakan, setiap perhatian yang pernah kamu berikan ketika kamu bersedia mengajari mereka. Setiap kata yang engkau berikan untuk membangun dan menyemangati mereka. Setiap pemberian sederhana yang pernah mereka terima di hari ulang tahunnya. Setiap detik yang kamu luangkan di saat mereka membutuhkan engkau. Mungkin hanya hal sederhana, namun itu adalah sesuatu yang begitu berarti ketika kamu memberikannya dengan tulus.

Namun sayang. Mungkin kita adalah orang yang dituntut untuk hidup cepat tanpa harus peduli satu sama lain. Mungkin kita adalah generasi yang dididik untuk menyelamatkan diri sendiri sebelum memberi perhatian kepada orang lain.

“Eh dia masuk rumah sakit, mau ikut pergi jenguk ga? ”
” Oooh titip salam ya. Aku masih banyak urusan lain nih. “

” Eh, aku boleh minta waktu kamu sedikit ga. Aku lagi dalam masalah berat nih ”
” Tar aja yah Sibuk kerja nih “

Aku tidak tahu seberapa sedikit waktu yang sudah tersita untuk segala macam kesibukan yang kamu lakukan. Aku cuma percaya, bahwa kita pasti masih punya waktu asalkan kita cukup mau mempunyai rasa peduli pada orang lain. Aku cuma percaya Bahwa kita pasti masih bisa punya perhatian, asalkan kita mau untuk meluangkannya.

Itu lebih tergantung dari isi hatimu, dari apa yang ada di dalam kamu, bukan tergantung dari apa yang ada di luar diri kamu. Memilih untuk peduli atau tidak peduli ada di dalam kontrol kamu, bukan dalam kontrol situasi yang ada di sekeliling kamu. Ada begitu banyak alasan untuk menjadi tidak peduli; karena kesibukan, karena gengsi, karena malas, karena capek, atau apapun itu. Namun hanya ada satu alasan untuk menjadi peduli, karena hati…

yuni serenity (fahutan 38)

2 responses to “Karena hati

  1. Kata seorang ulama, “Hati adalah raja, sedang angota tubuh adalah bala tentaranya…”

  2. Assalamu’alaikum

    Alhamdulillah ana bisa silaturahim di sini, ana Fahutan Angkatan 34 (THH) mohon do’anya dari antum sekalian semoga ana istiqomah menjalani kehidupan ini. Syukron

    Wassalamu’alaikum

    wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. terimakasih atas kunjungannya mas. Ya allah, teguhkanlah hati kami dijalan-Mu. Amin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s