Metode Menghapal Al-Qur’an dan Hadits

Dalam menghapalkan Al-Qur’an, maka manusia saling berbeda kemampuannya. Ada yang mampu menghapal satu halaman (mungkin yang diinginkan oleh Syaikh adalah dalam satu hari-pent), ada yang mampu satu lembar, dan ada yang mampu hanya setengah halaman atau kurang. Maka ini tergantung pada kemampuannya.

Dan termasuk perkara yang membantu dalam menghapalkan Al-Qur’an adalah dengan mengulang-ngulang serta meneliti hapalannya itu. Begitu juga dengan cara shalat malam dengan membaca hapalannya tadi jika dia mampu untuk bangun malam. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.” (Al-Muzammil: 6)

“Dan pada sebahagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu.” (Al-Isra: 79)

Cara lainnya adalah engkau mengambil bacaanmu dari para masyaikh (guru-pent) dan menghapalkan di hadapan mereka. Apabila engkau tidak menemuinya, maka aku nasehatkan kepadamu untuk mencocokkan bacaanmu dengan kaset-kaset para qari’ (pembaca Al-Qur’an) yang ahli dan membaca Al-Quran dengan metode yang benar. Tidak dengan qari’ yang berlebih-lebihan dalam membaca. Bahkan hendaknya engkau mencontoh bacaan qari yang mu’tadil dan mutawasith (yang membaca dengan baik, tidak berlebih-lebihan).

Adapun hadits, menghapalkannya akan lebih mudah apabila dilakukan tanpa sanad. Maka mungkin saja engkau menghapalkan satu hadits dalam satu, dua atau tiga hari, kemudian mengamalkan hadits tersebut. Ini akan membantu sehingga hapalan hadits tersebut kokoh. Kemudian bermudzakarah (setor hapalan) kepada saudaramu serta banyak mengulang.

Sumber: http://wiramandiri.wordpress.com

14 responses to “Metode Menghapal Al-Qur’an dan Hadits

  1. Semoga bisa membantu kita dalam menghafal Al-Qur’an: http://www.binamuslim.com/2007/09/12/17-motivasi-berinteraksi-dengan-al-quran.html

    terimakasih tambahan linknya

  2. Kami sedang berusaha menggiatkan kemauan dan kemampuan anak-anak dilingkungan kami dalam menghafal Al-Qur’an.
    Tapi kami kesulitan dalam memberikan motivasi pada mereka.
    Kira-kira apa trik yang dapat kita lakukan.

    Jzklh.

  3. coba baca buku Mukjizat Abad 20 Doktor Cilik Hafal dan Paham Al-Qur’an. Penulis: Dina Y. Sulaeman.

  4. Dalam zaman modern begini banyak kemudahan kemudahan seperti alat perakam ,atau telefon bimbit (yang berfungsi video dan sebagai nya).Saya menggunakan kemudahan kemudahan ini dan juga langsong menjelajahi halaman web di internet dan merakamkan ayat ayat pembacaan al quran dari Qari Qari yang mudah bacaan nya. Saya cetak semula lembaran lembaran mukasurat dari pembacaan ayat ayat yanng hendak saya hafali dalam (lembaran al quran yang asli tetapi dalam ukuran yang kecil supaya mudah merujuk atau menyemak nya semula) al quran untuk satu atau dua mukasurat dan saya terus memainkan rakaman rakaman yang telah saya buat setiap kali saya suka.sambil mendengar dan sambil menyemak nya semula adalah cara yang lebih berkesan .Disamping saya tidak terkeluar dari tajwid bacaan dan tartil, dengan sendirinya saya dapat menghafal apa yang saya kehendaki dengan lebih cepat lagi. Jika lembaran lembaran yang telah saya cetak (dalam ukuran kecil dan dapat di baca dengan mudah) dan saya rakam kan ke dalam telefon bimbit saya telah saya benar benar fahami, akan saya rakam dan cetak lagi lembaran lembaran yang seterus nya . Kesemua lembaran lembaran al quran yang telah saya cetak saya simpan di dalam kotak khas untuk rujukan buat masa masa yang akan datang.Di samping itu juga, jika lembaran lembaran yang telah saya hafal dan ingin membaca al quran dari apa yang telah saya hafali itu, bacaan saya akan lebih lancar dan lebih berkesan lagi,termasaok tartil dan tajwid nya sekali.Ingin saya berpesan di sini, bahawa Allah Subhanahuwataala sentisa memberi rahmat dan hidayah nya,walau pun sebesar biji sawi atau sebesar hama sekali pun, tetapi faedah nya terlalu besar bagi si penerima,dan juga Allah Subhanahuwataala amat mencintai hamba hamba nya yang selalu menyibukan diri mereka walau apa saja yang bersangkutan dengan ayat ayat nya, kerana kita membesarkan al quran kepunyaan nya.Amin dan selamat mencuba.

  5. Saya ingin menambah sedikit lagi di sini bahawa yang saya maksudkan dengan rencana saya di atas tadi ada lah buat orang orang yang sudah agak lancar sedikit bacaan akan al quran. jika ada sesiapa yang masih lemah bacaan nya, saya rasa agak sulit sedikit. Lagi satu pesanan saya,sungguhpun al quran telah di cetak dari komputer dalam ukuran yang kecil atau mengikut kehendak masing masing, tetapi cetakan cetakan ayat ayat quran itu harus lah di berikan oenghormatan yang penoh sebagaimana kita menghormati al quran dalam bentok biasa.Kerana walau apa pun juga kepingan kepingan yang ada tertera ayat ayat Allah Subhanahuwataala,harus di beri pebghormatan yang terkemuka. Tetapi jangan lupa, saya tidak bermaksud cetakan cetakan quran dalam ukuran kecil di jadikan pengganti sebagai al quran biasa (berukuran normal),tetapi al quran biasa pun harus ada oleh sesiapa yang ingin mencuba akan panduan saya ini.Ini kan lebih baik lagi?

  6. terimakasih atas berbagi pengalaman dan juga motivasinya.

  7. Sesungguhnya Allah mudahkan Al Qur’an bg sesiapa yg hendak menghapalnya. Krn itu dg niat dan azam yg kuat insy Allah bisa, dg metoda mengikut cara Rasulullah dan sahabat2.

  8. mau hafal Al Qur’an dalam sebulan?
    http://islamarket.co.cc

  9. Saya sedang mencari buku-buku tentang metode menghafal al Qur’an untuk referensi dalam penyusunan Thesis, bagi yang mengetahui buku-buku tersebut mohon bisa diinformasik! terimakasih

  10. Saya sedang mencari buku-buku tentang metode menghafal al Qur’an untuk referensi dalam penyusunan Thesis, bagi yang mengetahui buku-buku tersebut mohon bisa diinformasik! terimakasih

  11. Saya ada beberapa buku tentang kiat dan metode mengahapal al-quran. Kiat menjadi Hafidz daiyah, Ust . Abd Aziz Abdul Rauf L.c,terbitan Syamil Dan 40 Metode menghapal Al-quran, terjemahan dr malaisya,Mungkin bagus di baca, dll.
    mtab_muntilan@telkom.net

  12. doakan saya bisa menghapal Al-Qur’an..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s