Betapa Islam memuliakan kaum wanita

Rasulullah bersabda: “Wanita adalah saudara kandung laki-laki.” (HR. Abu Daud)

 

Hadits pendek ini merupakan “revolusi” dalam sejarah kaum wanita. Betapa tidak, seluruh bangsa dunia (tanpa kecuali) -sebelum Nabi Muhammad saw. datang- memandang minor terhadap kaum wanita. (lihat Al Hijab karya Abu A’la Al-Maududi, hal.11-30)

 

Bangsa Arab pun termasuk bangsa yang memandang demikian kepada kaum wanita, sebagai mana perkataan Umar bin Khattab ra: “Demi Allah SWT, sungguh, pada zaman jahiliyah, kami tidak mengkalkulasi apapun untuk kaum wanita, sehingga Allah menurunkan wahyu berkenaan dengan mereka, dan Dia memberikan bagian kepada mereka.” (HR. Bukhari Muslim)

 

Dalam riwayat lain: “Pada masa jahiliyah, kami tidak memberikan sesuatu apapun kepada kaum wanita, setelah Islam datang, dan Allah SWT menyebutkan mereka, kami mengetahui bahwa mereka mempunya hak yang harus kami tunaikan.”

 

Hadits yang pendek ini secara singkat dan gamblang menjelaskan tentang pandangan Islam terhadap wanita. Secara singkat hadits ini menjelsakan bahwa wanita adalah syaqaiq bagi kaum laki-laki. Secara bahasa, syaqaiq adalah bentuk jamak dari kata: syaqiqah, yang secara sederhana diartikan: saudara kandung.

 

Jika kita telusuri, kata syaqaiq ini berakar dari kata syiqqun yang artinya: belahan, seakan-akan manusia itu satu benda yang dibelah menjadi dua. Dan wanita adalah belahan kaum laki-laki.

 

Maksudnya adalah bahwa kaum wanita itu sepadan, setara dan sederajat dengan kaum laki-laki, tidak berada diatas, dan tidak juga dibawah. Karena inilah sebagia ahli hadits mengartikan kata syaqaiq dengan kata: nazhair wa amstal (sepadan, setara, semisal, setingkat), seakan wanita adalah belahan jiwa dari kaum laki-laki.

Majalah UMMI
Edisi spesial  September-Desember 2007/1428 H

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s