Bekal menempuh Ujian Akhir Semester

Obat yang membantu hafalan:

Obat terbesar dalam menghafal dan memahami pelajaran adalah taqwa kepada Allah SWT. “Bertaqwalah kepada Allah, niscaya Dia mengajarimu”

Imam Syafi;i berkata, “Aku mengadukan perihal keburukan hafalanku kepada guruku, yang bernama Imam Waki’, lalu guruku berwasiat agar aku menjauhi maksiat dan dosa. Guruku kemudian berkata: ‘Muridku, ketahuilah bahwa ilmu adalah cahaya. Dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang-orang yang maksiat'”.

Tips membaca untuk memahami secara umum:

Pembacaan ini akan memberi gambaran yang menyeluruh dari pelajaran. Caranya yaitu:
1. membaca judul dengan bacaan yang cepat
2. menghafal poin-poin pokok dan pembagian-pembagian yang terdapat dalam judul tersebut: Menjelaskan kata-kata yang sulit, teori-teori, kaidah-kaidah dan sebagainya (kalau ada)
3. Membuat rangkuman agar dapat mengulanginya.

Tips menghafal dalam belajar:

Saat menghafal, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.
1. garis bawahi teori penting dan baca berulangkali hingga terhafalkan
2. Pahami materi pelajaran dan poin-poin pokoknya kemudian hafalkan dengan baik
3. jawablah pertanyaan (kalau ada) diakhir setiap materi pelajaran. Dan kalau tidak ada, buatlah pertanyaan plus jawaban sendiri.
4. Jika materi pelajaran panjang, bagilah menjadi bagian-bagian yg lebih kecil, kemudian hafalkan bagian-bagian tersebut. Setelah itu ulangi hafalan bagian-bagian tersebut, satu demi satu secara berurutan
5. Tanamkan rasa percaya diri saat menghafal dan belajar, dan hilangkan segala bentuk ketakutan dan kekhawatiran
6. Perdengarkan dan ulangi berkali-kali hafalan kita di depan salah seorang teman
7. Usahakan mengingat-ingat kembali semuanya ketika hendak tidur. InsyaAllah kita akan mendapati diri kita telah menghafalkannya setelah bangun.

Fatwa-fatwa seputar menyontek (curang) pada saat ujian:

Soal:
saya adalah seorang pelajar yang sangat lemah kecerdasannya dan tidak berprestasi serta sedikit memhami pelajaran, yang kemudian mendorong saya untuk berbuat curang ketika ujian. Pertanyaannya, apakah yang harus saya lakukan?

Jawab:
saya menasehatkan agar anda serius, bersungguh-sungguh dan terus menerus belajar serta telaten dalam menghafal, memahami, bertanya kepada guru atau teman, rajin membaca dan teliti dalam melihat suatu permasalahan, sementara itu anda harus meninggalkan dan menjauhi perbuatan curang, karena hukumnya haram dan hakekatnya adalah penipuan terhadap ummat. [1]

Soal:
saya sering meilah pelajar menyontek pada waktu ujian berlangsung, dan ketika saya menasehati pelajar itu, ia justru menjawab bahwa hal itu gak masalah dan sudah biasa. Pertanyaannya, apakah hukum menyontek pada waktu ujian?

Jawab:
Menipu dalam ujian, ibadah dan muamalah hukumnya adalah haram, sebagaimana sabda Rasulullah saw.
“Barang siapa yang menipu kami, maka ia bukanlah dari ummat kami.”
Selain itu menipu ini membawa banyak mudharat di dunia dan akhirat. Oleh karena itu menjadi kewajiban agar menjauhi perbuatan tersebut dan saling berwasiat dalam meninggalkannya. [2]

Soal:
Apakah hukumnya menyontek pada pelajaran bahasa inggris atau ilmu-ilmu keduniaan lainnya, seperti matematika, fisika, biologi dan sebagainya?

Jawab:
menyontek tidak diperbolehkan (haram) pada pelajaran apapun, sebab tujuan utama dari ujian sesungguhnya adalah untuk mengetahui sampai dimana pemahaman pelajar di dalam mata pelajaran tersebut. Selain itu perbuatan menyontek akan membuka pintu kemalasan, penipuan dan menempatkan pelajar yang lemah diatas pelajar yang rajin dan cerdas. Bukankah ini suatu kedzaliman yang sangat besar?. Rasulullah saw. bersabda
“Barang siapa yang menipu kami, maka ia bukanlah dari ummat kami.”
Kata ghasy-sya yang berarti menipu di dalam hadits ini mencakup seluruh bentuk penipuan dan pengkhianatan, termasuk di dalamnya menyontek. [3]

[1] Fatwa Islamyah, Ibnu Jibrin
[2] Al-Fatwa Al-Ijtima’iah
[3] Fatwa Al-Mar’ah, Ibnu Jibrin

Sumber: Kiat Praktis menuntut Ilmu Syar’i (Aidh Al-Qarni)

2 responses to “Bekal menempuh Ujian Akhir Semester

  1. askum,,,,,ane mw nanya nee pa ust, ane itu susah bngt memahami pelajran bgaimn cra memahami pelajarn itu pak ust?

  2. belajar dan belajar terus…
    kalo sulit, pelan-pelan aja, sedikit-demi sedikit, yang penting ada tambahan baru. lama-lama juga terbiasa. jangan gampang menyerah hanya karena hasilnya belum terlihat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s