Pentingnya Penguasaan Pengetahuan Ilmiah oleh Para Da’i

Pengetahuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah ilmu menurut dunia modern, yaitu  Ilmu sebagai pengetahuan yang dibina di atas dasar penyelidikan (riset) dan percobaan (eksperimen), dimana perumusannya dilakukan menurt pemikiran analitis dan analogy. Seperti ilmu-ilmu Fisika, Kimia, Botani, Geologi, Falak, Kedokteran dan ilmu Hukum. Tentu saja dalam kaitannya dengan kelengkapan-kelengkapan da’I ini, tidak dimaksudkan agar mereka mendalami ilmu-ilmu tersebut di atas, seperti mau menjadi spesialis. Sebab kita tidakakan mampu menadi ilmuan-ilmuan yang menguasai segala ilmu (Ilmuan Generalis). Ini bukan hanya disebabkan keterbatasan daya dan dana saja, melainkan juga karena iilmu-ilmuu itu sendiri tidak akan habis-habisnya.

Apa yang dimaksudkan itu ialah agar para da’I sering-sering meelaah buku-buku yang terhitung baru dan hangat, serta mengikuti tulisan-tulisan ilmiah yan dimuat dalam berbagai media massa. Hal ini amat mungkin terlaksana, mengingat kita semua setidak-tidaknya telah mempelajari dasar-dasar ilmu tersebut sewaktu duduk di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Pemahaman dasar-dasar ilmiah ini perlu adanya, mengingat beberapa pertimbangan, antara lain :

  • Agar mengerti kehidupan modern, dalam mana ilmu menjadi urat nadi dan menjadi motor/penggeraknya.
  • Sebagai sandaran/tatanan, ketentuan-ketentuan dan rumus-rumus ilmu itu ada yang merupakan perantara bagi timbulnya keraguan teradap agama. Contoh teori Evolusi Hidup, yang dikenal sebagai teori Darwin. Seorang da’i haruslah mengerti teori ini dan tahu nilai ilmiahnya, untuk kemudian menentukan sikap terhadapnya; sikap yang tidak apriori dan beralasan.
  • Sebagian kebenaran ilmiah itu dapat dijadikan pembela agama dan digunakkan untuk menjelaskan ajaranatau mengikis tindakan yang dalamatkan kepada agama seperti menolak kesyubhatan-kesyubhatan atau penyimpangan-penyimpangan dari islam.

Jika seorang da’i mampu mengikuti hasil-hasil ilmu pengetahuan modern ini untuk mendukung da’wahnya, tentulah ia akan mudah mencari alan menanamkan setiap ajaran islam e dalam lubuk hati pendengarnya. Apa yang kami katakan ini bukannya mengeja-eja atau mereka-reka, melainkan berdasarkan kenyataan yang banyak dialami oleh para da’i dewasa ini.

 

 

Resume buku Kritik dan Saran untuk Para Da’I karangan Dr. yusuf Qardhawi. 1988

 

3 responses to “Pentingnya Penguasaan Pengetahuan Ilmiah oleh Para Da’i

  1. lebih update donk kak???

  2. apanya nih yg perlu di update?🙂

  3. ok bagus sebuah masukan yang mestinya ditanggapi positip oleh para da’i

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s