PANDANGAN YANG JELAS DALAM DAKWAH

Pertama kali yang harus dimiliki seorang da’I ialah pandangan yang jelas terhadap jalan da’wah, mengenal pasti petunjuk-petunjuknya serta seluruh yang berkait dengannya. Ini adalah qadhiyyah paling penting bagi setiap orang yang erjalan di atas jalan da’wah. Seorang da’I harus menumpukkan seluruh perhatiannya kepada qadhiyyah ini agar ia memiiliki kejelasan jalan sejak langkah pertamanya. Kegunaannya tentu sangat besar, sebagaimana akan dijelaskan nanti.

Ketiadaan pengetahuan yang jelas terhadap karakter perjalanan tidak jarang menyebabkan seseorang menjadi ragu dan sangsi terhadap keselamatan perjalanannya. Bahkan sering menyebabkan seseorang dilanda kegoncangan yang mengakibbatkan terjadinya penyimpangan dan takut melanjutkan perjalanan. Sedangkan orang yang sebelumnya telah mengenal baik karakter perjalanan, tahapan, dan segala sesuatu yang akan dihadapinya seperti rintangan, hambatan dan semacamnya akan menambah keteguhann dan kepercayaan ketika ia benar-benar menghadapinya. Karena ia merasa dirinya berada di jalan yang benar sesuai dengan petunjuk yang diketahuinya.

Karena itu hendaknya ghayah (tujuan) yang akan dicapai harus jelas-sejelasnya, tanpa ada yang tersembunyi sedikitpun. Kejelasan tujuan iini merupakan dasar qadhiyyah dan orbit keberhasilan dan kemenangan. Allah adalah tujuan kita. Dengan berjalan di atas jalan da’wah kita berusaha mencapai keridhaan-Nya, mencapai enikmatan dan keselamatan dari api neraka dalam menyambut seruan Allah swt dalam QS. As-Shaff: 10-13).

Qadhaya Asasiyah dalam Da’wah, karangan Syaikh Mushthafa Masyhur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s