Kenapa Aktivis dakwah tidak menggunakan Al Qur’an?!

Seandainya kita mencermati dialog Nabi saw. Dengan objek dakwahnya, dan apa yang beliau sampaikan kepada mereka, niscaya kita akan menemukan bahwa dalam kebanyakan situasi, beliau hanya membacakan ayat-ayat Al Qur’an.

Hal ini mampu memberikan pengaruh yang luar biasa dalam jiwa. Sungguh, ayat-ayat Al Qur’an yang dibaca oleh Nabi saw. Mampu menyumbat orang kafir, munafik, dan musyrik serta menunjukan kebenaran kepada mereka. Tidak seorangpun mengatakan, hal seperti ini hanya khusus bagi Nabi saw. Namun hal ini sangat mungkin sekali ditempuh oleh orang-orang yang berjalan sesuai dengan contoh beliau.

Dengan demikian, berarti ia telah memenuhi panggilan Allah SWT. Yang telah memerintahkannya dengan firman-Nya:

“Maka beri peringatanlah dengan Al Qur’an orang yang takut kepada ancaman-Ku.” (Qaaf: 45)

Dan juga dalam ayat lainnya seperti Al Taubah: 6, Al Israa’: 106, An Naml:92.
Kenapa dialog-dialog kita, khutbah-khutbah kita, dan nasehat-nasehat kita tidak bertolak dan berputar di dalam orbit ayat-ayat Al Qur’an Al Karim? Yaitu hendaknya dimulai dengan mengambil dalil dari ayat-ayat Al Qur’an tentang apa yang hendak kita sampaikan kepada obyek dakwah berupa pendidikan dan pengajaran.

Terkadang sebagian orang beralasan seraya mengatakan: “Apa yang anda serukan tersebut sulit. Dan kami mendapati bahwa orang-orang lebih terpengaruh dengan kisah-kisah, permisalan-permisalan dan kejadian-kejadian nyata dari pada terpengaruh dengan Al Qur’an?”

Sebagian para da’I yang sering menggunakan kisah-kisah beralasan dengan ungkapan mereka: “Sesungguhnya orang-orang tidak sanggup atau bahkan tidak memahami hal itu. Maka kami mendekatkan permasalahan kepada mereka dengan kisah-kisah, hikayat-hikayat dan sastra-sastra yang mampu mempengaruhi jiwa mereka.” Ucapan ini adalah tidak benar. Sebab, sebenarnya kesalahannya terletak pada da’inya sendiri, bukan pada metode atau manhajnya. Kesalahan bukan terletak pada objek dakwahnya. Namun sebaliknya, apabila seorang da’I telah merasakan keagungan Al Qur’an dan menyatu dalam hidupnya serta mendalami apa-apa yang tekandung di dalamnya, niscaya bacaan ayat-ayat Al Qur’annya akan dapat berpengaruh kepada mereka. Hal ini tidak bisa terbandingkan dengan pengaruh kisah-kisah, dongeng serta contoh dari sana-sini. Cobalah, niscaya anda akan mendapatkannya.[1]

Sesungguhnya wasilah dakwah apapun harus berkaitan langsung dengan Al Qur’an. Apabila wasilah tersebut dapat mewujudkan pemahaman Al Qur’an dan dapat berpengaruh maka wasilah tersebut baik untuk dilakukan. Namun jika sebaliknya, maka meninggalkannya lebih baik dan lebih utama.

Dr. Khalid bin Abdul Karim Al Laahim
Kunci-kunci Tadabbur Al Qur’an

==========================

[1] Sebagian orang membantah masalah ini walaupun sudah sangat jelas dan nyata. Bagi siapa saja yang masih ragu dengan apa yang kami sampaikan, silahkan membaca buku: “Bil Qur’an Aslama Haaulaa” (Dengan Al Qur’an mereka masuk Islam) karya Abdul ‘Aziz Sayyid Hasyim, penerbit:Daar Al-Qalam. Juga silahkan membaca sirah Nabi saw. Dan para sahabatnya dengan peresapan dan pendalaman agar kebenaran jelas baginya. Apabila kita meremehkan dalam mempraktekkan kunci ini, maka akan ada penghalang antara kita dan Al Qur’an, sehingga kita tidak mampu mendapatkan pengaruhnya, dan tidak akan mampu memberikan pengaruh dengannya. Lalu (jika telah demikian) kita akan menempuh jalan dengan menyampaikan kisah, nyanyian, cerita lucu, lintas peristiwa dan sebagainya yang sering kita namakan wasilah dakwah.

4 responses to “Kenapa Aktivis dakwah tidak menggunakan Al Qur’an?!

  1. Ass. Wr Wb. Salam Hangat..
    Insya Allah saya yakin.& setuju sampaikan qur’an..seperti ayat
    QS.3:79 …”Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.”

    Ajarkan dan mari belajar terus. smg Allah memberikan ilham & kebrkahan.
    alhamdulillah dengan keyakinan itu saya dapat menyusun 3 buku Inspiring & exploring qur’an.
    1. Mapping. strategi sukses hakiki
    2. Total Manajemen berbasis Al Fatihah
    3. IEQ114, Ultimate Inspiration meraih kemenangan.
    ijinkan saya ingin berbagi dgn komunitas ini.
    Jazakallahu. wass

  2. Wa’alaikumsalam Warahmatullahi wabarakatuh

    alhamdulillah buku Mapping. strategi sukses hakiki sudah dibaca mas. sangat membantu sekali dalam mengingatkan kita untuk apa kita hidup, bagaimana menjalaninya dan kemana akhirnya.

    semoga kita bisa menjadikan al Qur’an sebagai inspirasi untuk terus berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat

  3. Benar sekali.

    Taujih yang benar-benar masuk ke dalam hati adalah Al-Qur’an dan Al-Hadist.

    Pernah ane coba survey kepada teman-teman aktivis dakwah, mereka secara pribadi juga sebenarnya jauh lebih ter’kesima’ dengan taujih-taujih Qur’ani. Namun kenapa ketika berdakwah kurang menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an? Jawaban rata-ratanya adalah seperti di artikel (agar lebih mudah diterima orang umum) dan satu lagi adalah karena kurangnya ilmu.

    “..niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..” (Al-Mujadilah:11)

    “Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar.” (HR. Bukhari)

  4. dicari 114.000 Trainer Muslim, untuk menginspirasikan Qur’an.

    Alhamdulillah, mari bergabung di Asosiasi Trainer Muslim (ATM) Indonesia. sarana dakwah melalui dunia training.
    Dengan Motto : Ayo Sukses Indonesia !. ATM Indonesia merancang Program Kerja al. :

    1. Menjalin sinergi dan Kolaborasi antar Trainer serta lembaga terkait.

    2. Memberdayakan Kemampuan dan produktivitas melalui peningkatan Kompetensi Trainer.

    3. Membangun Knowledge Management Sharing, e-learning, data base trainer dan materi pelatihan

    4. Mengembangkan materi training dengan menggali Inspirasi Qur’ani & Sunnah.

    5. Menjalankan Sosialisasi & Pemasaran Pelatihan

    6. Melakukan sinergi dengan lembaga pendidikan dan pelatihan pemerintah dan swasta.

    7. Melaksanakan Pelatihan-pelatihan & Pendampingan

    Mari bergabung para Trainer & Calon Trainer, Segala langkah semoga mendapat bimbingan dan ridho dari Allah SWT. Amiin. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. / Heru SS. (Inisiator).

    Sekretariat : Jl. Veteran 9/3 Gresik – Jatim – Indonesia – telp/fax 031.3971374 – http://www.ATMIndonesia.wordpress.com

    Wilayah, Jatim : Totok – 081.554736612, Fahmi – 03177577210; Jabar&JKT : Sofyan – 021.70477528; Jateng&DIY: Albi – 0271.9113530

    Undangan
    Trainer & Calon Trainer

    Trainer Energize Forum,
    Bandung, 3 Mei 2008
    Jakarta, 20 mei 2008
    Free Investasi

    Registrasi Sofyan – 021.70477528

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s