Kawasan di lindungi dalam Islam (2)

Imam al Mawardi di dalam kitab Al Ahkam al Shulthaniyyah, menerangkan tentang lahan yang dilindungi:

Jika suatu lahan telah resmi sebagai lahan yang dilindungi (yang masih asli) itu tetap menjadi milik umum, dilarang untuk menghidupkan (mengubahnya menjadi lahan pertanian) untuk dimiliki. Semuanya itu dimaksudkan adalah untuk menghormati lahan tersebut. Jika semua masyarakat, orang kaya, orang fakir, muslim, dan kafir dzimmi mempunya hak yang sama terhadap tanah yang dilindungi tersebut, maka rumput dilahan tersebut diberikan kepada kuda-kuda mereka dan hewan ternak mereka yang lain.

Jika lahan yang dilindungi tersebut milik kaum muslimin, maka orang-orang kaya mereka mempunya hak yang sama dengan orang-orang fakir terhadap penggunaan lahan yang dilindungi tersebut, sedangkan orang-orang dzimmi dilarang menggunakannya.

Jika tanah yang dilindungi itu tersebut khusus untuk orang-orang fakir, maka orang-orang kaya dan orang yang dzimmi dilarang memanfaatkannya. Namun, lahan yang dilindungi tidak boleh dikhususkan untuk orang-orang kaya saja tanpa orang-orang fakir. Atau hanya dikhususkan oleh orang kafir dzimmi tanpa kaum Muslimin. Jika lahan yang dilindungi diperuntukkan bagi kuda-kuda para mujahidin, maka kuda-kuda lain tidak boleh memanfaatkannya.

Jadi lahan yang dilindungi itu umum dan khusus. Jika tanah yang dilindungi dijadikan umum untuk semua manusia, maka mereka dibolehkan memanfaatkan lahan yang dilindungi tersebut secara bersama-sama, karena tidak adanya kerugian pada penggunaan khusus tanah tersebut. Jika lahan umum itu tidak memadai untuk seluruh manusia, maka lahan yang dilindungi itu tidak boleh digunakan khusus untuk orang-orang kaya saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s