Hak satwa dalam Islam

Dalam syari’at Islam binatangpun di hormati hak asasinya. Negara berhak dan bertanggung jawab untuk melaksanakan hak-hak hukum binatang sekaligus menegakkannya. Ahli hukum Islam (fuqaha) Izz al-Din Ibn Abd al-Salam yang sangat terkenal pada abad ke 13 menetapkan hak-hak binatang menjadi salah satu unsur syari’ah.

Ahli hukum tersebut merumuskan hak-hak ternak dan binatang lainnya terhadap manusia dalam kitab Qawaid al-Ahkam, sebagai berikut:

  1. Bahwa manusia harus menyediakan makan bagi mereka.
  2. Bahwa manusia harus menyediakan makanan walaupun binatang itu sudah tua atau sakit sehingga dianggap tidak menguntungkan bagi pemiliknya.
  3. Bahwa manusia tidak boleh membebani binatang itu melebihi kemampuannya.
  4. Bahwa manusia dilarang menempatkan binatang itu bersama dengan segala sesuatu yang dapat melukainya, entah dari spesies yang sama atau spesies berbeda yang mungkin dapat mematahkan tulang, menanduk atau menggigit binatang tersebut.
  5. Bahwa manusia harus memotong (menjagal) dengan cara atau adab yang baik, tidak menguliti atau mematahkan tulangnya sehingga tubuhnya menjadi dingin dan nyawanya melayang.
  6. Bahwa manusia tidak boleh membunuh anak-anaknya di depan matanya, dengan cara memisahkan mereka.
  7. Bahwa manusia harus memberi kenyamanan pada tempat istirahat dan tempat minum hewan itu.
  8. Bahwa manusia harus menempatkan jantan dan betina bersama pada musim kawin.
  9. Bahwa manusia tidak boleh membuang mereka kemudian menganggapnya sebagai binatang buruan.
  10. Bahwa manusia tidak boleh menembak mereka dengan apa saja yang membuat tulangnya patah atau menghancurkan tubuhnya, atau memperlakukan mereka dengan apa saja yang membuat daging mereka tidak sah untuk dimakan

2 responses to “Hak satwa dalam Islam

  1. Mokhamad Ali Rouf

    ass. salut!!!, DKM sudah menulis tentang hak satwa dalam islam. tema yang selama ini jauh dari perbincangan para aktivis da’wah kampus.namun kalau bisa jangan hanya satu pendapat saja ungkapkan dalil aqli maupun naqlinya jadi nanti jelas. kalo bisa yang komprehensif dari mulai pandangan islam tentang lingkungan bagaimana melestarikannya, satwa, dan hubungannya dengan manusia. Terus berjuang selamatkan lingkungan kita dari kerusakan karena itu juga bagian dari da’wah islam!!! Allohu Akbar

  2. Mokhamad Ali Rouf

    satu lagi kita jangan cuma bisa wacana wujudkan dengan aksi kongkrit penyelamatan lingkungan dan satwa liar yang ada di dalamnya. buat program yang riil, kalau tidak bisa bergabung dengan LSM linngkungan yang ada seperti green peace, ProFauna Indonesia, kehati, Walhi dsb. Yakinlah!!! bahwa memperjuangkan pelestarian lingkungan itu juga merupakan bagian dari Da’wah, karena Islam adalah agama paripurna, Rahmatan Lilngalamin!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s