Pemuda dan penguasa

Abu al-Waliq Ubadah bin ash-Shamit ra berkata, “Kami membaiat rasulullah saw untuk selalu mematuhi dan menaatinya dalam keadaan susah ataupun mudah, kami suka atau kami benci, dan walaupun bertentangan dengan kehendak kami, serta untuk tidak menentang perintah seseorang kecuali mengandung kekafiran yang jelas dengan bukti-bukti dari Kitabullah, berkata benar dimana saja kami berada, dan tidak takut celaan orang dalam membela kalimat Allah.” (Muttafaq Alaih)

Mengomentari hadits ini Syekh al-Albani berkata:

Sekarang ini, kita melihat banyak pemuda muslim yang baru sedikit memahami agama, menyaksikan banyak penguasa yang tidak menjalankan syariat Allah SWT, lalu segera membangkang tanpa meminta pandangan para ulama yang mendalam pengetahuan dan kebijaksanaannya. Mereka keras kepala, menyebar fitna secara membabi buta, menumpahkan darah manusia, dan seterusnya, sehingga mereka menentang hadits shahih tersebut yang telah diamalkan oleh seluruh kaum muslim generasi terdahulu maupun belakangan.

Para pemuda itu kemungkinan besar berhati tulus dan ingin mendapat keridhaan Allah SWT, tetapi mereka termakan kontoversi atau hasutan. Karena itu, saya ingin menyampaikan nasehat dan peringatan, agar mereka menyadari kesalahannya dan kembali kejalan yang benar.

Saya menasehati para pemuda yang sangat bersemangat untuk berjihad dan benar-benar vtulus mencari ridho Allah SWT agar terlebih dahulu membenahi masalah-masalah internal dan menunda perhatian terhadap masalah-masalah eksternal yang berada di luar jangkauan mereka. Upaya ini menuntut kerja yang kontinyu dan konsisten, sehingga kita dapat merealisasikan apa yang saya sebut “Pembersihan dan pendidikan hati”, karena hal ini tidak dapat dilakukan kecuali oleh para ulama yang bersih dan pendidik yang bertakwa, yang jumlahnya sangat sedikit di zaman sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s