Siapa yang seharusnya menjadi umat penyayang binatang?

Abu Ja’far Abdullah bin Ja’far ra berkata, “Pada suatu hari Rasulullah saw memboncengku di belakangnya. Beliau membisikan kata-kata kepadaku yang takkan kusampaikan kepada siapapun. Dan, yang paling senang dijadikan Rasulullah saw sebagai penutup dirinya ketika membuang hajat adalah dahan korma.” (HR. Muslim)

 

Setelah perkataan, “dahan korma,” Al-Burqani, dengan sanad Muslim, menambahkan: Beliau masuk kekebun seseorang Anshar. Disana ada seekor unta. Ketika melihat Nabi saw, unta itu bersuara dan berlinangan air mata. Nabi saw mendatanginya, alalu mengelus-ngelus kepalanya, sehingga unta itu tenang. Beliau bersabda:”Siapa pemilik unta ini? Milik siapa unta ini?” Seorang pemuda dari Anshar datang dan berkata, “Unta ini milik saya wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Mengapa engkau tidak bertqwa kepada Allah SWT dalam mengurus binatang yang Dia berikan kepada mu ini” Unta ini mengadu kepadaku bahwa engkau membuatnya lapar dan lelah.” (HR. Muslim).

 

Mengomentari hal ini, Syekh al-Albani berkata:

Riwayat ini menerangkan bahwa Islam adalah agama yang pertama-tama menerapkan prinsip kasih sayang kepada binatang, bertentangan dengan anggapan sejumlah orang yang tidak memahami Islam bahwa prinsip  ini ditetapkan oleh orang-orang kafir Eropa. Prinsip ini adalah bagian dari etika yang mereka terima dari generasi pertama umat Islam, lalu mereka memperluasnya, menyusunnya dalam redaksi yang sistematis, lalu dijadikan undang-undang oleh negara mereka. Karena itu, kasih sayang terhadap binatang menjadi keistimewaan mereka pada zaman sekarang, sehingga orang-orang menyangka bahwa ini adalah karakteristik khas mereka. Tiada yang dapat membenarkan klaim mereka, kecuali pada saat ini mereka nyaris tidak melihat satupun institusi di negara-negara Islam yang mengaplikasikan prinsip ini, padahal seharusnya umat Islamlah umat yang paling penyayang terhadap binatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s