Kesalahan sejumlah ulama di hadapan penguasa

Anas ra berkata: Rasulullah saw diberi susu yang telah dicampur air. Di sebelah kanan beliau ada seorang Arab Badwi dan di sebelah kiri beliau ada Abu Bakar. Lalu beliau memberikan susu itu kepada orang Badwi itu dan bersabda “Yang paling kanan dulu. Yang paling kanan dulu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Syekh al-Albani, ketika menegaskan pentingnya memulai menyuguhkan makanan dari sebelah kanan, lalu terus kekanan mengatakan:

Hadits ini menyatakan bahwa orang yang menyuguhkan minuman harus memulai dari sebelah kanannya, dan bukannya dengan orang yang paling terpandang, paling berilmu, atau paling terhormat. Inilah kebiasaan Salafusshaleh.

Karena itu saya katakan, aneh sekali sikap beberapa ulama yang bersikeras menentang sunnah ini, meninggalkan etika sosial yang hanya diajarkan oleh Islam ini, didalam pertemuan yang mereka adakan sendiri. Padahal, jika mereka menerapkannya pada acara itu, maka mereka tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa, kecuali mereka telah melanggar kebiasaan masyarakat awam.

Penolakan mereka ini praktis membuat penghormatan masyarakat awam terhadap diri mereka semakin rendah. Buktinya, di dalam acara-acara yang mereka selenggarakan sendiri itu, orang yang bertugas menyuguhkan makanan akan memulai dengan para pejabat dan penguasa terlebih dahulu.

Saya mengatakan ini karena saya tahu alasan mereka membiarkan tindakan itu adalah demi hikmah, tatakrama, dan sopan santun; dan karena mereka tidak dapat mencegahnya, karena akhlak mereka telah dikuasai dan dicemari oleh nafsu.

Saya katakan, jika mereka berkomitmen melaksanakan sunnah ini di majelis yang mereka pimpin, yang dihadiri oleh para pejabat dan penguasa, maka kondisinya akan berubah 180 derajat. Para penguasa dan pejabat itulah yang akan bersopan santun di hadapan ulama, apalagi sebagai politikus mereka jelas membutuhkan ulama dan tidak akan keranjingan diperlakukan dengan tatacara yang bertentangan dengan sunnah, bahkan di dalam majelis yang dipimpin oleh ulama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s