Maksud firman Allah SWT “Janganlah menanyakan sesuatu yang jika aturannya…”

Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw, beliau bersabda, “Janganlah kalian bertanya kepadaku tentang hal-hal yang tidak kujelaskan kepadamu. Sebab, umat-umat sebelum kalian binasa dikarenakan mereka banyak bertanya dan berselisih dengan nabi-nabi mereka. Jika aku melarang kalian dari sesuatu, maka jauhilah. Dan jika aku memerintahkan kalian sesuatu, maka kerjakanlah semampu kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Syekh Ibn Utsaimin berkata:
Pada masa Nabi saw, beliau tidak boleh ditanya tentang seuatu yang tidak beliau jelaskan. Karena itu beliau bersabda “Janganlah kalian bertanya kepadaku tentang hal-hal yang tidak kujelaskan kepadamu. Sebab, umat-umat sebelum kalian binasa dikarenakan mereka banyak bertanya dan berselisih dengan nabi-nabi mereka.”

Tapi, pada zaman sekarang, setelah penurunan wahyu selesai dengan wafatnya Rasulullah saw, maka Anda harus bertanya. Tanyakanlah segala sesuatu yang ingin anda ketahui. Sebab, sekarang segala sesuatu sudah pasti, takakan ada lagi penambahan atau pengurangan, berbeda dengan di mana Nabi saw, di mana syariat masih disusun sehingga penambahan dan pengurangan masih mungkin terjadi.

Banyak orang awam salah kaprah dalam memahami firman Allah SWT dalam QS. Al-Ma’idah : 101) dan sabda Nabi saw tersebut. Mereka mengerjakan keharaman dan meninggalkan kewajiban, tapi mereka tidak mau bertanya dan berdalil dengan nash-nash tersebut. Setan menghiasi tindakan itu sehingga mereka menganggapnya sebagai kebaikan. Na’udzubillah min dzalik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s