Kenapa kita harus melindungi satwa dan tumbuhan?

Kenapa kita harus melindungi satwa dan tumbuhan? Kalau pertanyaan di atas di ajukan pada saya sebagai seorang muslim, maka jawabannya adalah:

1. Karena kita manusia ditempatkan di bumi dengan amanah sebagai pengelola. Mengelola bumi beserta isinya termasuk satwa dan tumbuhan. Pengelola berarti memanfaatkan sekaligus menjaga keberlangsungannya, agar tidak timbul kerusakan. Seperti halnya pegawai yang di amanahi tugas oleh atasannya, maka akan ada penilain terhadap kinerjanya. Begitu juga kita. Di amanahi untuk mengelola bumi, dan juga akan dimintai pertanggung jawabannya akan apa yang kita kelola. Kalau kerja kita tidak bagus, bisa jadi kita dihukum. Jadi, karena satwa dan tumbuhan termasuk isi bumi yang harus kita kelola, maka jika kita tidak baik mengelolanya, kita bisa mendapat hukuman dari Allah SWT.

2. Karena makhluk lain seperti satwa dan tumbuhan juga berhak untuk hidup dan menempati bumi ini. Mereka juga berhak mencari rezeki dari bumi. Karena Allah SWT menjamin rezeki semua makhluknya. Jadi kita tidak berhak menghalanginya.

3. Karena apa-apa yang diciptakan Allah SWT pasti tidak akan sia-sia. Jadi jika kita berpikir bahwa hilangnya beberapa jenis tumbuhan atau satwa tidak akan membawa pengaruh, bisa jadi kita telah meremehkan hasil ciptaan Allah SWT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s