25 Nabi (2)

Yahya

Nabi Yahya adalah anak Nabi Zakaria yang lahir sebagai pengabulan terhadap doa Nabi Zakaria kepada Allah di saat dia memohon agar dikaruniai keturunan yang saleh. Allah menjadikan tanda akan kelahiran seorang bayi itu dengan tidak dapat berbicara kepada orang selama tiga malam. Nabi Yahya adalah seorang nabi yang terkenal suci dan jujur. Selamat sejahtera atasnya pada hari dilahirkan, hari dia meninggal dan hari dia dibangkitkan kembali. Dari sejak kecil, dia termasuk orang takwa, warak dan baik-baik.

Yakub

Nabi ini adalah anak Nabi Ishak yang dijuluki dengan Israel yang berarti “hamba Allah”. Dia diutus kepada kaumnya dan terkenal dengan ketakwaannya. Berita kenabiannya disampaikan oleh malaikat kepada kakek dan neneknya, Nabi Ibrahim dan Sarah. Nabi Yakub adalah ayah Nabi Yusuf.

Yunus

Nabi Yunus diutus Allah kepada warga Ninwi untuk mengajak mereka menyembah Allah semata. Karena keengganan dan kesombongan mereka, Nabi Yunus meninggalkan mereka dan mengancam akan didatangkan siksaan setelah tiga malam. Mereka takut, kemudian beriman, maka siksaan itupun dicabut kembali oleh Allah. Sedangkan Nabi Yunus pergi meneruskan perjalanan dengan menaiki kapal laut. Di saat kapal yang mereka tumpangi nyaris tenggelam, para penumpang mengadakan undian untuk menentukan siapa yang harus dibuang ke laut. Undian yang ketiga jatuh pada Nabi Yunus, beliau pun langsung menceburkan diri ke laut. Namun beliau langsung ditelan ikan paus dan Allah mengilhamkan kepada ikan paus itu agar tidak memakan Nabi Yunus. Nabi Yunus berdoa kepada Allah agar mengeluarkannya dari kegelapan yang dideritanya itu. Doanya pun dikabulkan Allah. Dia diutus oleh Allah kepada sekelompok warga yang terdiri dari kurang lebih seratus ribu orang.

Yusuf

Nabi Yusuf adalah anak bungsu Nabi Yakub dari 11 bersaudara dan anak yang paling disayanginya. Suatu malam, dia bermimpi melihat sebelas bintang, bulan dan matahari, semuanya sujud kepadanya. Keesokan harinya dia menceritakan mimpi itu kepada ayahnya. Ayahnya berpesan kepadanya agar tidak menceritakan mimpi itu kepada saudara-saudaranya yang lain. Atas keberhasilan setan menggoda saudara-saudaranya, mereka bersepakat membawa Nabi Yusuf dan melemparkannya ke dalam sumur dan mengatakan kepada ayah mereka bahwa Nabi Yusuf mati dimakan srigala. Kemudian datang orang kampung dan mengambilnya lalu menjualnya kepada bangsawan Mesir dengan harga murah. Sang raja meminta kepada istrinya untuk memelihara dan menjaganya., tetapi sang istri malah menggoda dan merayu Nabi Yusuf. Oleh karena Nabi Yusuf enggan dan tidak dapat tergoda, maka sang istri tersebut melakukan tipu daya hingga Nabi Yusuf terpaksa masuk penjara, namun Allah membebaskannya. Setelah keluar dari penjara, sang raja mengangkat Nabi Yusuf menjadi pegawai yang dipercayakan menangani urusan pangan dan ternyata dia dapat melaksanakannya sekalipun dalam masa paceklik. Dari sini, Nabi Yusuf dapat bertemu dengan ayah dan saudara-saudaranya, mereka pun tunduk kepadanya dan terealisirlah mimpi yang dulu pernah dilihatnya.

Zakaria

Termasuk salah seorang hamba yang saleh dan bertakwa yang mengajak orang kepada agama yang lurus. Dia memelihara Maryam, kemudian memohon kepada Allah agar dikaruniai keturunan yang saleh. Allah menganugerahkan Yahya kepadanya. Nabi Yahya pun meneruskan tugas ayahnya mengajak orang menyembah Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa.

Zulkifli

Termasuk salah seorang nabi yang saleh, di mana ia melakukan 100 kali salat dalam satu hari. Konon ceritanya dia mendapat tugas mengadili kaumnya secara adil dan mengurusi mereka dengan baik, tugas itu pun dilakukan. Karena itu ia dinamakan Zulkifli (yang dibebani tugas).

2 responses to “25 Nabi (2)

  1. Cerita sejarahnya di lengkapin duong??

  2. unun nailufar

    ceritanya menarik….namun alangkah baiknya jikalau ceritanya diperlengkap, smoga allah melimpah gandakan palaha kita amin…minal adzin wal fidzin mohon maap lahir batin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s