Marhaban Ya Ramadhan

Rasullullah sangat gembira dan memberikan kabar gembira kepada umatnya dengan datangnya bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda: “Umatku diberi lima kebaikan di bulan ramadhan, sesuatu yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya”.  pertama, bau mulut seorang yang berpuasa lebih wangi dari bau misik. Kedua, malaikat memintakan ampun sampai berbuka. Ketiga, setiap hari allah menghiasi syurga milik orang yang berpuasa, kemudian berkata (pada syurga):”Hamba-hambaku yang salih sebentar lagi akan melepaskan kepenatan dan kesusahannya dan datang kepadamu”. Keempat, syetan-syetan dibelenggu dan tidak dapat bebas berkeliaran sebagaimana bulan lain. Kelima, diampuni dosanya di akhir malam.

            Ramadhan datang bukan untuk membuat umat Islam lemah, lesu dan takut, karena melaksanakan ibadah shaum, tilawah Al Quran dan tarawaih. Tetapi ramadhan datang untuk membuat umat islam lebih kuat, bersemangat, berani dan berjihadmembebaskan dominasi musuh-musuhnya baik musuh internal maupun eksternal.

            Ramadhan selalu menjadi momentum bersejarah dalam membangun karya… menjelang ramadhan ini, dalam segala hal, mari kita bersiap menyambutnya. Jangan lupakan celah-celah yang masih perlu kita perbaiki dan tuntaskan, agar ramadhan kita nanti, InSya Allah , akan lebih baik dari yang lalu. Persiapan-persiapan yang perlu kita lakukan, antara lain:

1.      Persiapan diri secara maksimal

2.      Persiapan diri ini bisa kita lakukan dengan pertama, mempersiapkan mental oR hati kita à Niat, kedua, persiapan ruhiyah oR spiritual kita à memperbanyak ibadah guna mendekatkan diri kepada Allah Swt, ketiga, mempersiapkan fikriyah (akal) à mempelajari ilmu about puasa (fiqh) dan hal-hal yang terkait dengannya, keempat, persiapan fisik à menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, de el el.

3.      Merencanakan peningkatan prestasi ibadah (syahrut Ibadah)

4.      Peningkatan ibadah kepada Allah (tilawah al qur’an, qiyamul lail, dll), peningkatan dalam aktivitas sosial dan mengurangi pola hidup konsumtif.

5.      Peningkatan ibadah puasa (Shaum)

6.      Shaum dengan hati yang ikhlas dan penuh pemahaman serta memperhatikan segala adab dan sunah-sunahnya.

7.      Peningkatan ibadah penunjang

8.      Yang dimaksud ibadah penunjang dalam berpuasa adalah segala sesuatu yang menguatkan ibadah puasa san memberikan tambahan pahala ibadah puasa, seperti menyegerakan berbuka, sahur dan mengakhirkannya dan tidak merusak ibadah puasa dengan perkataan dan perbuatan yang tidak berguna.

9.      Menghidupkan malam ramadhan dengan Al Quran dan Qiyamul lail

10.  Mengutamakan ukhuwah islamiyah dan persatuan umat islam

11.  Menjadikan ramadhan sebagai bulan taubat (Syahrut Taubat)

12.  Menjadikan Ramadhan sebagai syahrut tarbiyah, dakwah dan jihad

13.  Mengambil keberkahan ramadhan secara maksimal

14.  Umat islam harus mengambil keberkahan ramadhan dari semua aktivitas positif dan dapat memajukan Islam dan umat islam. Termasuk dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan pemberdayaan ummat.

15.  Menjadikan ramadhan sebagai syahrut muhasabah (bulan evaluasi)

Semoga kita mampu untuk membangkitkan semangat beribadah kita untuk menyongsong datangnya bulan ramadhan. Dan semoga Allah senantiasa menerima ibadah shaum kita dan amal sholeh lainnya…amien! dan semoga kita mampu untuk meraih derajat muttaqin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s