Menyebarkan kebaikan via blog

Apa itu blog?

Blog mudahnya kita sebut saja diary online. Karena tulisan yang masuk di susun berdasarkan tanggal postingnya.

Apa yang bisa kita lakukan dengan blog?

Banyak. Tergantung jenis blog yang kita pilih. Ada yang cuma menyediakan fasilitas untuk posting tulisan saja sampai ada juga yang memfasilitasi dengan posting gambar atau foto, musik, review, link, sampai video. Jadi kita bisa berbagi tulisan atau pun materi lainnya.

Kenapa kita memilih blog?

Karena sebagian besar blog disediakan secara gratis. Kemudian proses pembuatannya juga mudah. Dan memiliki jaringan yang luas dengan sistem publikasi yang baik.

Apa yang bisa kita dapatkan dari blog?

Dapat pahala. Kalau posting-an kita bisa bermanfaat bagi yang lain, insyaAllah akan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah.

Dapat teman baru. Dari blog kita bisa menjalin pertemanan dengan sesama blogger. Baik karena kesamaan hobi atau profesi maupun karena alasan lainnya (apa ya?).

Dapat banyak nasehat. Kalau butuh saran, masukan, nasehat terkait dengan masalah yang kita hadapi, tinggal di tulis dan di posting ke blog kita. InsyaAllah akan ada banyak orang yang bersedia memberikan saran masukan atau nasehat yang kita buruhkan. Kalaupun gak secara terang-terangan, mungkin dia akan mendo’akan agar masalah kita bisa terselesaikan dengan baik.

Dapat pengalaman. Bagi saya, blog adalah gudang pengalaman. Disini kita bisa membaca berbagai pengalaman dari beragam pemikiran. Kalau kita mau menghayati dan meresapinya, insyaAllah akan bermanfaat buat kita. Seperti kata pepatah “pengalaman adalah guru yang terbaik”.

Dapat ilmu. Blog itu dimiliki oleh beragam orang dengan beragam keahlian. Dan tidak jarang mereka berbagi pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki.

Dapat informasi. Perkembangan berbagai berita biasanya akan bermuara di blog. Karena biasanya para pemilik blog adalah orang-orang yang rajin mencari tau perkembangan berita terbaru. Dan kemudian mereka akan menyampaikannya di blog mereka dengan gayanya masing-masing.

Dapat job. Siapa tahu saja, ada yang tertarik dengan keahlian yang kita cantumkan di profil kita, kemudian menawarkan pekerjaan atau proyek.

Bagaimana agar blog bernilai ibadah?

Pertama, tentu saja meniatkan agar kegiatan nge-blog ini jadi ibadah

Kedua, baca basmallah sebelum mulai

Ketiga, jadikan tulisan kita bermanfaat bagi yang lain. Bagi pengalaman-pengalaman berharga kita agar yang lain juga bisa mengambil pelajaran

Keempat, bagi ilmu yang kita miliki. Kalau misalnya ahli komputer, gak ada salahnya memasukan tips dan trik seputar komputer ke blog kita

Kelima, kalau ada yang butuh saran atau masukan, alangkah baiknya kalau kita membantunya

Keenam, blok kita bisa digunakan untuk mensyia’arkan Islam. Bisa menjadi salah satu alternatif sumber informasi dunia Islam

Bagaimana memulai membuat blog?

Daftar saja ke berbagai penyedia fasilitas blog gratis. Seperti:

www.wordpress.com

www.multiply.com

www.blogger.com

Terakhir, jangan biarkan blog kita tak terurus.

One response to “Menyebarkan kebaikan via blog

  1. Pingback: Teen Advice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s