Metode menghafal al Qur’an

Berikut ini adalah salah satu dari metode bagi anda yang mau menghafal ayat-ayat dalam al Qur’an. Tapi yang perlu diperhatikan sebelumnya bahwa,

Obat terbesar dalam menghafal dan memahami adalah taqwa kepada Allah SWT. “Bertaqwalah kepada Allah, niscaya Dia mengajarimu”

Imam Syafi;i berkata, “Aku mengadukan perihal keburukan hafalanku kepada guruku, yang bernama Imam Waki’, lalu guruku berwasiat agar aku menjauhi maksiat dan dosa. Guruku kemudian berkata: ‘Muridku, ketahuilah bahwa ilmu adalah cahaya. Dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang-orang yang maksiat’”.

Adapun langkah-langkah menghafal al Qur’an, sebagai berikut:

  1. Hendaklah permulaan hafalan al Qur’an dimulai dari surat An Naas lalu al Falaq, yakni kebalikan dari urutan surat-surat al Qur’an. Cara ini akan memudahkan tahapan dalam perjalanan menghafal Al Qur’an serta memudahkan latihan dalam membacanya di dalam shalat baik.
  2. Membagi hafalan menjadi dua bagian. Pertama, hafalan baru. Kedua, membaca al Qur’an ketika shalat.
  3. Mengkhususkan waktu siang, yaitu dari fajar hingga maghrib untuk hafalan baru.
  4. Mengkhususkan waktu malam, yaitu dari adzan Maghrib hingga adzan Fajar untuk membaca al Qur’an di dalam shalat.
  5. Membagi hafalan baru menjadi dua bagian: Pertama hafalan. Kedua, pengulangan. Adapun hafalan, hendaknya ditentukan waktunya setelah shalat fajar dan setelah Ashar. Sedangkan pengulangan dilakukan setelah shalat sunnah atau wajib sepanjang siang hari.
  6. Meminimalkan kadar hafalan baru dan lebih memfokuskan pada pengulangan ayat-ayat yang telah dihafal.
  7. Hendaklah membagi ayat-ayat yang telah dihafal menjadi tujuh bagian sesuai jumlah hari dalam sepekan, sehingga membaca setiap bagian dalam shalat setiap malam.
  8. Setiap kali bertambah kadar hafalan, maka hendaklah diulangi kadar pembagian pengelompokan pekanannya agar sesuai dengan kadar tambahan.
  9. Hendaklah hafalannya persurat. Jika surat tersebut panjang, bisa dibagi menjadi beberapa ayat berdasarkan temannya. Tema-tema yang panjang juga bisa dibagi menjadi dua bagian atau lebih. atau dapat juga dikumpulkan surat-surat atau tema-tema yang pendek menjadi satu penggalan. Yang penting pembagian tersebut tidak asal-asalan, bukan berdasarkan berapa halaman atau berapa barisnya.
  10. Tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan sama sekali melewati surat apapun sampai ia menghafalnya secara keseluruhan, seberapa pun panjangnya. Dan setelah menghafalnya secara keseluruhan, maka hendaklah diulang-ulang beberapa kali dalam tempo lebih dari satu hari.
  11. Apabila di tengah shalat malam mengalami kelemahan dalam hafalan sebagian surat, maka hendaklah dilakukan pengulangan kembali disiang hari di hari berikutnya. Dalam kondisi seperti ini, tidak dibenarkan memulai hafalan baru. Kebanyakan hal seperti ini terjadi di awal-awal hari setelah menyelesaikan hafalan baru.
  12. Sangat dianjurkan sekali untuk memperdengarkan surat-surat yang akan digunakan dalam shalat malam kepada orang lain.
  13. Sangat baik mendidik anggota keluarga dengan metode ini. Caranya dengan membuat jadwal pekanan bagi setiap anggota keluarga dan memperdengarkan hafalan kepada mereka di siang hari, mengingatkan kepada mereka, memotivasi mereka untuk membacanya ketika shalat malam, serta membekali mereka supaya bisa berlatih sehingga tumbuh berkembang diatas al Qur’an. Dan al Qur’an bisa menjadi teman bagi mereka yang tidak bisa lepas darinya dan tidak kuasa untuk berpisah dengannya. Serta bisa menjadi lentera yang menerangi jalan kehidupan mereka.
  14. Hendaklah memperhatikan cara membacanya. Bacaan harus tartil (perlahan) dan dengan suara yang terdengar oleh telinga. Bacaan yang tergesa-gesa walaupun dengan alasan ingin menguatkan hafalan baru adalah bentuk pelalaian terhadap tujuan membaca al Qur’an (untuk memperoleh ilmu, untuk diamalkan, untuk bermunajat kepada Allah, untuk memperoleh pahala, untuk berobat dengannya).
  15. Tujuan dari menghafal al Qur’an bukanlah untuk menghafal lafadz-lafadznya dalam jumlah yang banyak. tetapi tujuannya adalah mengulang-ulang surat yang telah dihafal dalam shalat dengan niatan, mentadabburi al Qur’an. tetapi apabila mampu menghafal banyak surat sesuai apa yang telah disebutkan diatas, itu lebih utama dari pada sedikit menghafal. Yang terpenting adalah menerapkan kaidah diatas. Apabila menurutmu waktu sangat sempit maka ambillah kadar yang sedikit namun terus diulang-ulang.
About these ads

38 responses to “Metode menghafal al Qur’an

  1. Alhamdulillah, saat ini mungkin saya masih jauh untuk memenuhi syarat seorang hafidz, tapi saya akan tetap mencobanya.
    Saya sudah memulainya dari surat-surat yang dianjurkan karena fadilah/ keutamaannya, ( surat yaasiin. al-waqiah,ar-rohmaan, al-mulk as-sajdah) bagaimana menurut pandangan bapak ?

  2. Pingback: Hapalin Al-Qur’an Yuks « Muslim Keren

  3. maturnuwun alias makasih
    saya itu sebenarnya pengin sekali bisa menghapa satu demi satu surat yang ada di al quran tapi saya punya kelemahan dalam mengingat (sering lupa) bagaimana ya.

    sudah saya coba cara atau metode dari temen ponpes tapi ndak bisa juga bagaimana ya.
    kalo bisa ada ndak buku penjelasan untuk agar tidak sering lupa. makasih.

    coba baca buku Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an. Penulis: Dr. Raghib As-Sirjani & Dr. Abdurrahman Abdul Khaliq. Penerbit: Aqwam

  4. Terimakasih atas infonya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, semoga hati kita semakin terang dengan membaca dan mengamalkan Qur`an

  5. Assalamu’alaikum wr.wb.
    1.Bagaimana cara menghafal yang baik bagi orang awam dan memahaminya dengan baik ?
    2. Bagaimana agar sholat bisa khusyu ?
    Wasaalamu’alaikum wr.wb.

  6. Assalamu’alaikum wr. wb.
    ane mau tanya; wahyu Allah yang berupa tulisan arab merupakan bahasa yang sempurna dari semua bahasa yang ada di seluruh dunia.
    bagaimana cara yang tepat untuk mempelajari arti dan mengucapkan bahasa arab dengan baik dan benar untuk orang awam khususnya saya orang indonesia?
    syukron…
    wass.

  7. @alharist: sebaiknya langsung berguru saja akh dengan orang/lembaga pendidikan yang tepat.

  8. Surat apa yang dibaca ketika shalat tahajud

  9. mau hafal Al Qur’an Dalam Sebulan?
    http://islamarket.co.cc

  10. Mau konsultasi online seputar menghafal al qur’an?
    klik http://tahfizh.blogspot.com
    ada buku gratis petunjuk menghafal al qur’an

  11. Sekarang saya lagi mencoba menhafal al qur’an,tapi kadang-kadang ada rasa males untuk menghafal kembali,ad yang bisa memeberi solusi agar tetap semangat bagaimana menghafal al qur’an??????????????/

  12. Pingback: Review: Jenius Dengan Metoda Hanifida « Doddy Wirawan’s Blog

  13. Beberapa bulan lalu saya menerjemahkan buku kecil tentang cara menghafal al-qur’an.
    Disebutkan, metode terbaik adalah metode ‘per halaman’. Agak panjang untuk menjelaskannya di sini. Ringkasnya: Hafalan baru cukup 1 hlm, dibaca dg melihat bbrp kali, lalu dicoba tanpa melihat. Ketika menambah halaman baru, halaman sebelumnya diulang ulu untuk memperkuat hafalan.
    Penting diperhatikan:
    - Jauhi maksiat, terutama mata.
    - Jangan ganti2 mushaf.
    - Jangan tergoda untuk menambah hafalan jika hafalan lama masih lemah.
    - Istiqamah.
    - Jangan cinta dunia.
    - Baca hafalan dalam shalat.
    Alhamdu lillah, saya rasakan metode dalam buku tersebut (entah sudah diterbitkan atau belum oleh penerbit di jogja) cukup jitu.
    Selamat menghafal.

  14. terimakasih atas tambahan ilmu nya mas.
    di buku hafal al qur’an dalam sebulan juga di jelaskan tentang metode seperti itu.

  15. Ass wr wb
    Terima kasih artikelnya bagus sekali , saya mau coba praktekin sekalian mohon izin copy.

  16. alhamdulillah…. terimakasih ya…..

    smoga nanti bisa hafal Al-quran…

  17. amin…

  18. aku ……….pengen iktan donk………

  19. syukron … kebetulan lagi dapat tugas dari Liqo untuk hapalan, tip ini Insya Allah akan sangat membantu

  20. Alangkah Bahagianya, sebelum ajal menjemput qt seotang Hafidz.
    Ya Allah, Kabulkan Do’a hambaMu ini. Amien yaa Rabbal a’lamin..

    Terima kasih mas infonya.
    Wassalam

  21. assalamu’alaikum
    alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya.
    ana izin copas yah……………

  22. Budi Muhammad Natsir

    salam silaturahim

    Blog saya masih baru saya buat, disana ada ruangan untuk perkumpulan para penghafal Quran.

    senang bisa bersilaturahim

  23. Untuk memudahkan menghafal adalah dengan mengetahui artinya. Coba buka website http:/iqro.co.nr untuk mendengarkan mp3 al-Quran terjemah Indonesia. Semoga menambah pemahaman dan memudahkan dalam menghafal.

  24. saya juga berminat sekali untuk menghafal al qur’an tp saya msh punya kelemahan juga yaitu lupa terus dan kurang fokus bagaimana caranya bisa fokus menghafal al qur’an?

    • saya juga sangat ingin berminat sekali utk menghafal al qura’an namun bagaimana caranya kita bisa fokus ke hafalan al qur’an tolong dong bantu saya ?

      • saya juga sangat ingin berminat sekali utk menghafal al qura’an namun bagaimana caranya kita bisa fokus ke hafalan al qur’an tolong dong bantu saya ?

  25. IIN INDRAWATI

    salam, alhamdulillah artikelnya bermanfaat sekali, mdh2an bisa saya terapkan pada diri sendiri dan keluarga juga orang2 terdekat, smoga kita semua diberi kemudahan untuk menghafal Al-Quran.

  26. Gaos Abdulkarim

    asww. mohon izin artikelnya untuk dicopy dan disebaruaskan.
    Jazakumullah khaoiron kastiiro.

  27. marifa tillah

    apakah kita bisa mnghafalkan alqur`an ..
    sedangkan kalangan pndoknya itu sering ktemu dngn lawan jenis????

  28. bagus banget artikelnya. saya ngopy ya!

  29. Subhanallah, thumbs up..
    bahagia rasanya menemukan tulisan dan blog ini. semoga bisa ditiru dkm fakultas yang lain. jazk
    D.37

  30. sekarang menghafal alqur’an pakai gadgets pakai technologi…terutama untuk murajaah bisa menggunakan ipod dll sebagainya.sehingga dimanapun dan kapanpun bs murajaah…http://www.netbooksshop.org

  31. izin copy buat amal

  32. salam kenal, terima kasih tips nya

  33. taherdaenglampe

    good job, i wanna get your permission to copy your article, wasslm

  34. trims infonya sangat bermanfaat

  35. Hi there all, here every person is sharing these experience,
    so it’s pleasant to read this website, and I used to pay a quick visit this website everyday.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s