KHITAN WANITA

PERTANYAAN

Bagaimana hukum Islam mengenai khitan bagi anak-anak

perempuan?

JAWABAN

Masalah ini diperselisihkan oleh para ulama bahkan oleh para

dokter sendiri, dan terjadi perdebatan panjang mengenai hal

ini di Mesir selama beberapa tahun.

Sebagian dokter ada yang menguatkan dan sebagian lagi

menentangnya, demikian pula dengan ulama, ada yang

menguatkan dan ada yang menentangnya. Barangkali pendapat

yang paling moderat, paling adil, paling rajih, dan paling

dekat kepada kenyataan dalam masalah ini ialah khitan

ringan, sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits

- meskipun tidak sampai ke derajat sahih – bahwa Nabi saw.

pernah menyuruh seorang perempuan yang berprofesi mengkhitan

wanita ini, sabdanya:

“Sayatlah sedikit dan jangan kau sayat yang berlebihan,

karena hal itu akan mencerahkan wajah dan menyenangkan

suami.”

Yang dimaksud dengan isymam ialah taqlil (menyedikitkan),

dan yang dimaksud dengan laa tantahiki ialah laa tasta’shili

(jangan kau potong sampai pangkalnya). Cara pemotongan

seperti yang dianjurkan itu akan menyenangkan suaminya dan

mencerahkan (menceriakan) wajahnya, maka inilah barangkali

yang lebih cocok.

Mengenai masalah ini, keadaan di masing-masing negara Islam

tidak sama. Artinya, ada yang melaksanakan khitan wanita dan

ada pula yang tidak. Namun bagaimanapun, bagi orang yang

memandang bahwa mengkhitan wanita itu lebih baik bagi

anak-anaknya, maka hendaklah ia melakukannya, dan saya

menyepakati pandangan ini, khususnya pada zaman kita

sekarang ini. Akan hal orang yang tidak melakukannya, maka

tidaklah ia berdosa, karena khitan itu tidak lebih dari

sekadar memuliakan wanita, sebagaimana kata para ulama dan

seperti yang disebutkan dalam beberapa atsar.

Adapun khitan bagi laki-laki, maka itu termasuk syi’ar

Islam, sehingga para ulama menetapkan bahwa apabila Imam

(kepala negara Islam) mengetahui warga negaranya tidak

berkhitan, maka wajiblah ia memeranginya sehingga mereka

kembali kepada aturan yang istimewa yang membedakan umat

Islam dari lainnya ini.

Fatwa-fatwa Kontemporer

Dr. Yusuf Qardhawi

43 responses to “KHITAN WANITA

  1. saya bingung,apakah dampak bagi organ wanita jika tidak dikhitan????apakah masih tetap bisa melahirkan secara normal/mandul????karena sampai sekarang saya masih blum dikhitan,dan saya mengalami beberapa keanehan,seperti menstruasi yang berlebihan dan keputihan yang banyak.saya butuh jawaban karena saya merasa iri pada wanita lain yang dikhitan dan terimakasih sebelumnya

  2. “Sayatlah sedikit dan jangan kau sayat yang berlebihan,
    karena hal itu akan mencerahkan wajah dan menyenangkan
    suami
    .”

  3. Akan hal orang yang tidak melakukannya, maka
    tidaklah ia berdosa, karena khitan itu tidak lebih dari
    sekadar memuliakan wanita

  4. bagi orang yang memandang bahwa mengkhitan wanita itu lebih baik bagi anak-anaknya, maka hendaklah ia melakukannya, dan saya (Yusuf Qardhawi) menyepakati pandangan ini

  5. Mbak Ima lokasinya di mana ??? Di Bandung sini tanggal 31 Maret ( pas Maulud Nabi ) nanti ada khitanan massal untuk wanita, dilakukan di Yayasan Assalam di Jl. Sasak Gantung.

    Ada juga koq wanita dewasa yg ikut khitan, biasanya muallaf..Ikut khitan aja Mbak..Insya Allah keputihan dan penyakit lainnnya hilang..

  6. maaf tapi saya tinggal di surabaya, apakah jika wanita tidak dikhitan akan membahayakan kesehatan???atau bahkan bisa mempengaruhi untuk memrunyai keturunan???? timakasih sebelumnya……………

  7. Mbak Irma, wanita dikhitan atau tidak sama sekali tidak berpengaruh pada menstruasi atau mempunyai keturunan. Coba bayangkan wanita2 Eropa, Jepang atau Korea misalnya, yang tidak dikhitan. Mereka bisa menstruasi dengan normal dan punya keturunan.

    Khitan wanita yang dilakukan secara benar adalah dengan memotong kulit yang menutupi klitoris. Manfaatnya klitoris menjadi lebih bersih.

    Kalo Mbak Irma ingin khitan, sebaiknya dilakukan oleh dokter ahli bedah. Supaya menghindari dari kesalahan2 yg tidak diinginkan.

  8. RS Al Islam Awibitung Bandung bisa melakukan khitan untuk wanita dewasa. Yg mengkhitan dokter SPOG (kandungan ) jadi nggak perlu kuatir. Kalo di Surabaya saya belum ada informasinya.

  9. ini kirim beberapa foto khitanan massal khusus cewek di yayasan assalam bandung
    http://funtuna.blogspot.com/2008/03/female-circumcision-in-indonesia.html

  10. apakah khitan wanita di daerah jazirah arab atau negara islam lainnya itu di wajibkan??????????

  11. Apakah anak perempuan (12th) msh bisa disunatkan…? Sementara dia sudah mendapat mens, apakah sakit & berapa lama sembuhnya?

  12. kalau dikhitan setelah baligh apakah tidak apa apa ?
    apakah sakit bila dikhitan ?

  13. Khitan setelah baligh tidak masalah. Banyak koq mualaf wanita yg melakukan khitan setealh dewasa

  14. Jika wanita bisa menahan sakit melahirkan, maka sakit karena khitan pasti tidak ada apa-apanya

  15. dibius ga sih ?
    terus waktu stelah sunat sakit ga ?

    proses sunatnya gimana sih ?

  16. Kalo sama dokter pasti dibius. Paling setelah biusnya hilang rasanya nyut-nyutan gitu hehehe

    Disunatnya dengan cara dipotong kulit yg menutupi klito. Bukan klito nya yg dipotong

    Mbak Anngi mo sunat ya ??

  17. aduh .
    blum ada niatan buat sunat .
    hhehe .

  18. kalo cewe sunatnya pake gunting aja ato ada metode khitan yg lain kaya sunat cowo ?

  19. Setau aku untuk cewek belum ada teknik yg canggih seperti sunat laser, jadi masih harus pake gunting. Tapi kan bisa dibius.

    Mbak Anggi blum ada niatan sunat berarti sudah pasti belum sunat :)

    Hayo, kapan mbak mo disunat ???

  20. terimakasih pada para pembaca yang sudah ikut menjelaskan :)

  21. UNTUK membantu warga kurang mampu, Yayasan Assalaam Jln. Sasakgantung Kota Bandung menggelar khitanan massal memperingati Maulid Nabi Muhammad. Khitanan pada Minggu (22/3/09) terbuka untuk umum dan gratis dengan informasi di telf. 022-4201564.

    Dari http://www.pikiran-rakyat.com. Khitanan massal Yayasan Assalam adalah untuk laki-laki dan perempuan segala usia

    Mbak Anggi boleh ikutan :)

  22. kalau mau liat videonya ce yg lg disunat u bisa clik di http://www.youtube.com/watch?v=H2GVcRLBr14

  23. For anyone interested here’s a well written article on the importance of Female Circumcision in Islam

    Although there is nothing in the Qur’an regarding the practice of circumcision, whether male or female, there exist many ahadith or
    sayings of the Prophet to show the important place, circumcision, whether of males or females, occupies in Islam.

    Among these traditions is the one where the Prophet is reported to have declared circumcision (khitan) to be sunnat for men and ennobling for women (Baihaqi). He is also known to have declared that the bath (following sexual intercourse without which no prayer is valid) becomes obligatory when both the circumcised parts meet (Tirmidhi). The fact that
    the Prophet defined sexual intercourse as the meeting of the male and female circumcised parts (khitanul khitan) when stressing on the need for
    the obligatory post-coital bath could be taken as pre-supposing or indicative of the obligatory nature of circumcision in the case of both
    males and females.

    Stronger still is his statement classing circumcision (khitan) as one of the
    acts characteristic of the fitra or God-given nature (Or in other words, Divinely-inspired natural inclinations of humans) such as the shaving of pubic hair, removing the hair of the armpits and the paring of nails (Bukhari) which again shows its strongly emphasized if not obligatory character in the case of both males and females. Muslim scholars are of the view that acts constituting fitra which the Prophet expected Muslims to follow are to be included in the category of wajib or obligatory.

    That the early Muslims regarded female circumcision as obligatory even for those Muslims who embraced Islam later in life is suggested by a tradition occurring in the Adab al Mufrad of Bukhari where Umm Al Muhajir is reported to have said: “I was captured with some girls from Byzantium. (Caliph) Uthman offered us Islam, but only myself and one other girl accepted Islam. Uthman said: ‘Go and circumcise them and purify them.’” More recently, we had Sheikh Jadul Haqq, the distinguished head of Al Azhar declaring both male and female
    circumcision to be obligatory religious duties (Khitan Al Banat in Fatawa Al-Islamiyyah. 1983). The fatwa by his successor Tantawi who opposed
    the practice cannot be taken seriously as we all know that he has pronounced a number of unislamic fatwas such as declaring bank interest
    halal and questioning the obligation of women wearing headdresses

    At the same time, however, what is required in Islam, is the removal of only the prepuce of the clitoris, and not the clitoris itself as is widely believed. The Prophet is reported to have told Umm Atiyyah, a lady who circumcised girls in Medina: “When you circumcise, cut plainly and do not cut severely, for it is beauty for the face and desirable for the husband” (idha khafadti fa ashimmi wa la tanhaki fa innahu ashraq li’l wajh wa ahza ind al zawj) (Abu Dawud, Al Awsat of Tabarani and Tarikh
    Baghdad of Al Baghdadi).

    This hadith clearly explains the procedure to be followed in the circumcision of girls. The words: “Cut plainly and do not cut severely”
    (ashimmi wa la tanhaki) is to be understood in the sense of removing the skin covering the clitoris, and not the clitoris. The expression “It is beauty (more properly brightness or radiance) for the face” (ashraq li’l wajh) is
    further proof of this as it simply means the joyous countenance of a woman, arising out of her being sexually satisfied by her husband. The
    idea here is that it is only with the removal of the clitoral prepuce that real sexual satisfaction could be realized. The procedure enhances sexual feeling in women during the sex act since a circumcised clitoris is much
    more likely to be stimulated as a result of direct oral, penile or digital contact than the uncircumcised organ whose prepuce serves as an
    obstacle to direct stimulation.

    A number of religious works by the classical scholars such as Fath Al Bari by Ibn Hajar Asqalani and Sharhul Muhadhdhab of Imam Nawawi
    have stressed on the necessity of removing only the prepuce of the clitoris and not any part of the organ itself. It is recorded in the Majmu Al
    Fatawa that when Ibn Taymiyyah was asked whether the woman is circumcised, he replied: “Yes we circumcise. Her circumcision is to cut
    the uppermost skin (jilda) like the cock’s comb.” More recently Sheikh Jadul Haqq declared that the circumcision of females consists of the
    removal of the clitoral prepuce (Khitan Al Banat in Fatawa Al Islamiyya.1983).

    Besides being a religious duty, the procedure is believed to facilitate good hygiene since the removal of the prepuce of the clitoris serves to prevent the accumulation of smegma, a foul-smelling, germ-containing cheese-
    like substance that collects underneath the prepuces of uncircumcised women (See Al Hidaayah. August 1997). A recent study by Sitt Al Banat Khalid ‘Khitan Al-Banat Ru’ yah Sihhiyyah’ (2003) has shown that
    female circumcision, like male circumcision, offers considerable health benefits, such as prevention of urinary tract infections and other diseases affecting the reproductive organs. More recent findings show it also prevents cystisis in women.

  24. Angel Veronica

    saya wanita mualaf 23 th calon suami saya menyarankan saya untuk dikitan , dan saya sudah bersedia untuk dikhitan ,mohin penjelasannya yang lengkap

    • ok tu Angel, kalau dikhitan. penjelasannya sudah ada di atas. “Disunatnya dengan cara dipotong kulit yg menutupi klito. Bukan klito nya yg dipotong”

      • Angel Veronica

        @fara OK thanks bwt info nya sekarang saya Alhamdulilah sdh dikhitan ,dan saya merasa banyak sekali manfaatnya.
        Sekarang saya tinggal mempersiapkan pernikahan dengan calon suami saya

      • Angel Veronica

        OK thanks bwt info nya sekarang saya Alhamdulilah sdh dikhitan ,dan saya merasa banyak sekali manfaatnya.
        Sekarang saya tinggal mempersiapkan pernikahan dengan calon suami saya

  25. K angel emang asalnya dari agama apa? K angel ga usah sunat k, Tuhan terima kita apa adanya kita koq yg penting hati kita ada selalu buat dia ^^! Tuhan berkati k..

  26. saya berumur 15 th dan belum disunat .
    apa sih gunanya cewe disunat ?
    proses sunatnya bagaimana ?
    tolong dijelaskan sedetail detailnya , trimakasih .

  27. Here’s another finding on the benefits of Islamic female circumcision (hoodectomy) which I must share with you. In contrast to those who say that it affects women’s sexual feelings, there are many research studies proving that it actually improves the sex life of women. The latest is the recent study Orgasmic Dysfunction Among Women at a Primary Care Setting in Malaysia. Hatta Sidi, and Marhani Midin, and Sharifah Ezat Wan Puteh, and Norni Abdullah, (2008) Asia Pacific Journal of Public Health, 20 (4) accessible http://myais.fsktm.um.edu.my/4480/ which shows that being Non-Malay is a higher risk factor for Orgasmic Sexual Dysfunction in women, implying that Malay women experience less problems in achieving orgasm than non-Malay women. As you know almost all Malay women in Malaysia are circumcised (undergo hoodectomy) in contrast to non-Malay women who are not. This would suggest that hoodectomy does in fact contribute to an improved sex life in women rather than diminishing it as some argue

  28. Alhmdlh… buat Angel.

  29. Here’s another interesting news item that supports the need for a hoodectomy (Islamic female circumcision):

    Oral sex linked to cancer risk

    US scientists said Sunday there is strong evidence linking oral sex to cancer, and urged more study of how human papillomaviruses may be to blame for a rise in oral cancer among white men.

    In the United States, oral cancer due to HPV infection is now more common than oral cancer from tobacco use, which remains the leading cause of such cancers in the rest of the world.

    Researchers have found a 225-percent increase in oral cancer cases in the United States from 1974 to 2007, mainly among white men, said Maura Gillison of Ohio State University. “The rise in oral cancer in the US is predominantly among young white males and we do not know the answer as to why.”

    It is obvious that the only way men can acquire the HPV virus is through the oral stimulation of one’s partner’s clitoris which allows the virus to enter the mouth. The virus no doubt is harboured in the prepuce of the clitoris just as it has been found that HPV also resides in the foreskins of males, through the transmission of which cervical cancer occurs in females. Thus a hoodectomy could, by removing the area which harbours the virus, significantly reduce or eliminate the risk of women transmitting the virus to their male partners.

  30. teman saya (perempuan) jd mualaf dan sudah dikhitan pada usia 23 thn di RS Nurhidayah Jogjakarta

    Yg mengkhitan dokter muslimah yg sudah berpengalaman mengkhitan perempuan dari usia bayi sampai dewasa

    infonya di sini:

    http://www.rsunurhidayah.com/khitan–.html

  31. Untuk wilayah Jabodetabek, wanita dewasa yg ingin dikhitan bisa menghubungi Bidan Emma Yusuf di Rumah Sehat Al Ikhlas di alamat:

    Jl. Raya Kp. Utan – Setu, Desa Mekar Wangi No. 1 Kp. Rawa Banteng

    Cikarang Barat, Kab. Bekasi

    (Office) 021 82607507, Bidan Emma Yusuf 085216572140

  32. John Donahoe, e – Bay’s CEO, says its five boxes were
    installed nine months ago and have already saved the company more than $100,000 in electricity costs.
    Now head back over to the computer and log into it again.
    Within a few days, half the cancer cells shriveled up and died.

  33. Pingback: KHITAN WANITA | Toxci green Peace

  34. Assalammualaikum wr. Wb..
    Kalau Wanita sunat, berati sakit ga?

  35. kalo wanita dewasa disunat sembuhnya berapa lama ya?? sakit ga??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s